>

Basarnas Bina Potensi SAR Pangandaran

Spread the love

DERASNEWS, PANGANDARAN – Kabasarnas Marsdya TNI Henri Alfiandi menutup kegiatan rapat Forum Koordinasi Potensi Pencarian dan Pertolongan (FKP3) dan pelatihan teknis water rescue atau pertolongan di permukaan air bagi Potensi SAR di kawasan wisata Pantai Pangandaran, Sabtu (18/5/2022) siang sekitar pukul 12.30 WIB. Upacara penutupan berlangsung di Taman Dirgantara Susi’s International Beach Strip, Pangandaran, Jawa Barat.
“Kegiatan ini merupakan bagian dari pembinaan Potensi SAR di wilayah kerja Kantor SAR Bandung. Kami berharap, Potensi SAR di Pangandaran khususnya dan Jawa Barat pada umumnya memiliki kompetensi, semakin solid dan sinergi dalam mendukung penyelenggaraan operasi SAR,” kata Kabasarnas.
Kedua kegiatan tersebut berlangsung sejak Senin hingga Sabtu (13-18/6/2022).
Orientasi rapat FKP3 yang diikuti oleh 40 peserta tersebut untuk menjalin komunikasi dan koordinasi intensif dengan stakeholder dalam penyelenggaraan operasi SAR pada kedaruratan kecelakaan, bencana, dan kondisi membahayakan manusia.
Sedangkan pelatihan water rescue dengan 50 peserta sebagai upaya Basarnas untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan bidang SAR kepada Potensi SAR agar mereka memiliki kompetensi untuk mendukung penyelenggaraan operasi SAR khususnya di air.
“Banyak wisatawan berkunjung ke Pantai Pangandaran. Dengan pelatihan ini, kami berharap para Potensi SAR di kawasan Pantai Pangandaran menjadi pionir-pionir yang handal untuk memberikan pertolongan maupun SAR preventive terkait kedaruratan di kawasan pantai tersebut,” pungkas Kabasarnas melalui Direktur Bina Potensi Moch. Hernanto . (*)

Humas Basarnas
Jl Angkasa Blok B15 Kav 2-3, Kemayoran, Jakpus.
Email : humas@basarnas.go.id / basarnas@gmail.com
Instagram : @SAR_NASIONAL
Twitter : @SAR_NASIONAL
Youtube : BASARNAS OFFICIAL

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *