Hasto Atmojo Suroyo, Abdul Haris Samendawa, Edwin Partogi Pasaribu

Hasto Atmojo Suroyo, Abdul Haris Samendawa, Edwin Partogi Pasaribu

Capaian Monumental Sepanjang 2017 dan Gerakan 2018 di LPSK

Posted by

Derasnew, Jakarta- Capaian monumental di 2017, Lpsk mengalami perubahan organisasi.
“Selama ini ada sekretaris di LPSK dan pada bulan Juli 2017 di angkat menjadi Sekretariat Jenderal(Sekjen), perubahan soal keuangan dan sekretariat sudah bisa dilakukan secara mandiri yang sebelumnyaa di urus oleh sekretariat kabinet” kata Abdul Haris Semendawai selaku Kepala Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) dalam konfrensi Pers di Kantor LPSK jalan raya Bogor, Jakarta Timur. Rabu 10/01/2018.

Saat ini semua sudah terintegrasi antar system, adalah terobosan baru yang menghubungkan beberapa instansi sehingga lebih mempercepat proses suatu pekerjaan, terintegrasi antara LPSK dan KPK.

Hal yang baru juga yaitu 55 orang korban menerima restitusi, yaitu ganti rugi di peradilan pidana. Pada tahun 2017 sudah mengeluarkan dana sebesar Rp 1.082.534.000.
Kompensasi juga diberikan kepada korban kasus terorisme di Samarinda dan hakim memutuskan korban mendapat Rp 200jt untuk 7 orang semua dana dari negara.
Kompensasi ini juga di bilang sangat pundamental karena baru kali ini korban mendapat kompesansi sejak negara ini berdiri.

Hal yang baru juga, saat ini kewajiban bagi penyidik agar dapat memberitahukan ke korban bahwa korban saat ini mendapat kompensasi dari negara.

“Sedangkan serapan anggaran pada tahun 2017 ini adalah mencapai 98.90% atau sekitar Rp 73.770.345.131 dari anggaran sebesar Rp 74.589.002.000, sedikit lagi 100% dalam penyerapan” tambah Mendawai.

Khusus untuk 2018 ini usia LPSK mencapai 10 tahun, segera komisioner LPSK akan berganti, layanan akan kami terus tingkatan.

LPSK pada 2018 ini, akan terus memperhatikan proses pengesahan Undang-Undang yang akan di putuskan terutama terkait wanita, korupsi dan anak-anak.

“Terkait korupsi saat jelang pilkada 2018 agar pungli atau money politik tidak dimasukkan dalam korupsi tetapi pungli agar supaya bisa di urus oleh penegak hukum ditempat” tutup AH. Semendawai.

Hasto salah satu komisioner bagian Layanan LPSK mengungkapkan adanya peningkatan laporan sebanyak1901 dan terintegrasi.
Tindak kekerasan pada anak juga mewarnai laporan akhir tahun, khususnya kejadian Babeh di Tangerang dan video kekerasan anak.
LPSK pro aktif pada 2017, dengan mengunjungi korban dan saksi sebanyak 99 orang, sedangkan yang banyak memberikan laporan adalah LSM, Polisi dan lainya

Edwin komisioner biro perlindungan saksi dan korban menyampaikan urutan siapa yang berhak mendapatkan perlindungan di LPSK.
Dari melapor dan dibawa rapat pleno untuk memutuskan seseorang yang dilindungi di LPSK.
Pada 2017 sudah 2.490 orang yang dilindungi di LPSK dari berbagai kasus.
Satu orang terlindung mendapatkan berbagai macam perlindungan di LPSK.
Kasus perlindungan HAM banyak yang ditangani dari korban G30SPKI, Talangsari dan lainya.

Diakhir tahun 2017 LPSK juga menangani kekerasan yang silakukan oleh 10 oknum TNI terhadap satu warga di Maluku Utara, tutup Edwin. Drz

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*