Mahasiswa Fakultas Bisnis LSPR Gelar Festival Kampung Adat Kranggan 2023

0

Derasnews, Jakarta – Fakultas Bisnis LSPR melaksanakan festival budaya dengan nama Festival Kampung Adat Kranggan 2023, pada Sabtu 4 Februari 2023 berlokasikan di Paseban KLM. Jl. Jatirangga Kecamatan Jatisampurna, Kota Bekasi. Acara ini merupakan kolaborasi dari Fakultas Bisnis LSPR Institute Communication and Business dengan Kelurahan Jatirangga. Festival ini sekaligus menjadi kegiatan penutup dari Program Community Development yang telah dilaksanakan oleh mahasiswa/i Fakultas Bisnis LSPR sejak September 2022.

Festival Kampung Adat Kranggan 2023 menampilkan pameran produk-produk UMKM yang menjadi binaan mahasiswa/i jurusan Entrepreneurship and Leadership dengan Koperasi KLM, showcase video promosi digital cagar budaya maupun atraksi wisata yang ada di Kranggan dan peta destinasi wisata yang telah dibuat oleh mahasiswa/i program studi pariwisata serta showcase video pengembangan website Kelurahan Jatirangga yang dilakukan oleh mahasiswa/i jurusan Digital Business Management. Selain itu juga diramaikan dengan penampilan kesenian Lesung, Pencak Silat, sanggar tari Kranggan serta mengundang musisi lokal Kampung Kranggan maupun penampilan Band Fakultas Bisnis LSPR. Festival Kampung Adat Kranggan ini di inisiasi oleh Royal Enterprise yang merupakan EO yang didirikan oleh mahasiswa/i Program Studi Bisnis Jasa LSPR.

Vitha Octavanny, MM.Par selaku Dosen Subject Coordinator menyatakan tujuan diadakan program ini agar mahasiswa/i mampu merancang dan melaksanakan program pemberdayaan masyarakat dan memberikan solusi yang tepat bagi persoalan yang ada di masyarakat

 

Acara ini turut di hadiri oleh Bapak Abu Hurairah selaku Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya Kota Bekasi, didampingi oleh Bapak Ahmad Apandi, S.IP., M. Si selaku Lurah Jatirangga dan Sesepuh Kebudayaan Desa Jatirangga, Abah Olot, serta dihadiri oleh pihak LSPR Ibu Yuliana R Prasetiyawati, M.M selaku Dekan Fakultas Bisnis LSPR dan di hadiri oleh Ibu Rani Chandra Oktaviani M.Si selaku Kepala Pengabdian Masyarakat LSPR, selain itu juga kegiatan ini didukung dan dihadiri oleh seluruh tokoh masyarakat maupun adat Kampung Kranggan yang masih menjunjung tinggi adat istiadat daerahnya.

Yuliana R. Prasetyawati, M.M. (Dekan fakultas bisnis LSPR) menyampaikan dalam sambutannya kerjasama program Community Development antara Fakultas Bisnis LSPR dengan Kelurahan Jatirangga menjadi wadah bagi mahasiswa/i untuk berkontribusi dan hadir secara aktif ditengah masyarakat guna memberikan dampak positif bagi pemberdayaan masyarakat. Hal ini terbukti dengan pengembangan produk UMKM yang telah dilakukan oleh mahasiswa seperti pembuatan produk kemasan sachet jahe merah instan yang siap diminum dan pengembangan produk sambal dalam kemasan botol yang siap dikonsumsi dengan berbagai varian sambal nusantara. Mahasiswa/i juga memberikan pelatihan pemasaran digital, pelatihan kasir pintar dan pelatihan branding.

Bapak Abu Hurairha (Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya Kota Bekasi) menyampaikan dalam sambutannya sangat mengapresiasi kegiatan Festival Budaya kampung adat kranggan yang diadakan oleh fakultas bisnis LSPR, oleh karena itu kegiatan ini harus berkesinambungan dan berkelanjutan. Harapannya kegiatan ini dapat menjadi satu agenda tahunan event pariwisata yang ada di Desa Kranggan. Setelah ditinjau kembali, banyak sekali titik lokasi di kranggan yang diduga akan menjadi potensi objek wisata sehingga selaku Dinas Pariwisata dan Budaya harus memaksimalkan potensi objek wisata yang ada di Desa Kreatif Kranggan.
Harapannya pada tahun 2024-2025 Dinas Pariwisata akan mendorong seluruh perencanaan sehingga eksistensi kebudayaan di Desa Kreatif Kranggan ini tetap terjaga. Sekali lagi saya ucapan selamat dan sukses untuk seluruh mahasiswa Fakultas Bisnis LSPR.

 

Ahmad Apandi, S.IP., M. Si (Lurah jatirangga Kota Bekasi) menyampaikan dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Mahasiswa Fakultas Bisnis LSPR yang telah membantu UMKM dibawah binaan Desa Kreatif Kranggan sehingga UMKM di Desa kami dapat menginovasikan serta mengembangkan produknya, melalui packaging maupun inovasi dari produk UMKM tersebut. Serta melalui pembinaan dari mahasiswa Fakultas Bisnis LSPR, UMKM Keranggan berhasil untuk dapat diliput oleh salah satu Media Nasional Indonesia. Beliau juga mengapresiasikan kepada Mahasiswa Fakultas Bisnis LSPR yang mempunyai inisiatif dan ketertarikan dalam melestarikan budaya Indonesia, khususnya di Desa Kreatif Kranggan.

Ibu Rani Chandra Oktaviani M.Si (Ketua Departemen Pengabdian Masyarakat) menyampaikan Apresiasi tertinggi kepada seluruh pelaksana kegiatan Festival Budaya kampung adat Kranggan yang telah diselenggarakan oleh Mahasiswa Fakultas bisnis, selain itu desa kreatif Keranggan juga merupakan salah satu desa binaan LSPR, sehingga harapannya kegiatan ini tidak selesai hanya terlaksana pada satu semester namun dapat berlanjut di kemudian hari, melalui kolaborasi antara Dosen dan Mahasiswa maupun Inovasi lainnya dari Mahasiswa. Sehingga momen kebudayaan ini tidak hanya berhenti di kegiatan ini saja.

Abah Olot, (Sesepuh Desa Kreatif Kranggan) menyampaikan dalam sambutannya, mengajak mahasiswa Fakultas bisnis untuk tetap semangat sebagai generasi penerus dalam melestarikan budaya. Oleh karena itu, kita bersama harus selaras dan satu tujuan dalam menjaga serta melestarikan budaya Indonesia. Melalui bantuan dari Mahasiswa Fakultas Bisnis LSPR yang juga menjadi pelopor untuk generasi muda kedepan lebih peduli terhadap budaya Indonesia karena generasi muda inilah yang akan melanjutkan saya untuk melestarikan dan mencintai budaya Indonesia.
Chrysanta Christine, mahasiswi LSPR dan merupakan Ketua Komite Pelaksana Festival Kampung Adat Kranggan 2023 mengharapkan festival ini dapat menjadikan langkah awal dalam memperkenalkan Kampung Adat Kranggan sebagai desa Kreatif yang akan menjadi salah satu tujuan destinasi wisata di Bekasi.

 

Acara ini juga di siarkan secara live melalui LSPR TV: https://www.youtube.com/live/b6RgBomSCNc?feature=share
Informasi selanjutnya mengenai Festival Kampung Adat Kranggan 2023 ini dapat dilihat melalui:
Instagram @royalenterprise.ofc & @visit_kranggan
Tiktok @visitkrangganbekasi

Sekilas LSPR

London School of Public Relations – Jakarta berdiri sejak 1 Juli 1992 adalah sebuah perguruan tinggi swasta yang menyelenggarakan program sarjana ilmu komunikasi yang terbagi atas enam konsentrasi pilihan yaitu, Public Relations, International Relations, Marketing, Mass Communication, Digital Media Communication & Advertising dan Performing Arts Communication, serta program pasca sarjana yang terbagi menjadi empat konsentrasi yaitu Corporate Communication, Marketing Communication, International Relations Communication dan Mass Media Management. Saat ini LSPR – Jakarta memiliki hampir seratus ribu lulusan. Data LSPR Career Centre menunjukkan tingkat serapan lulusan LSPR di dunia kerja mencapai 90% lulusan. LSPR Career Centre selain menyelenggarakan seminar dan pelatihan, menyediakan informasi lowongan pekerjaan, juga membantu menyalurkan alumni ke bidang pekerjaan yang mereka inginkan baik dalam dan luar negeri.

Sejak tahun 2002, LSPR selalu mendapat pengakuan dari Badan Akreditasi Nasional dengan nilai A. Untuk program S1 LSPR telah mendapat pengakuan internasional dari lembaga akreditasi internasional yakni British Accreditation Council – London, United Kingdom. Dan mempunyai 54 universitas partners diseluruh dunia, diantaranya: Coventry University – UK, The Hague University – Netherland, European University – Germany, Tomori Pal Foiskola – Hungary, Hotel Institute Montreux – Switzerland, Dublin City University – Ireland, Zealand Academy of Technologies and Business – Zealand, Universidad Nebrija – Spain, Voronezh State University – Russia, New York Film Academy – US, Thompson Rivers University – Canada, Edith Cowan University – Australia, Taylor’s University – Malaysia, Beijing Normal University – China, University of Saint Joseph – Macau, Osaka International University – Japan, Sogang University – Korea, University of Asia and The Pacific – Philippines, Chulalongkorn University – Thailand, SRM University – India, University of Liberal Arts Bangladesh – Bangladesh dan lain-lain.

 

 

 

 

Pada 9 November 2016, LSPR telah menerima surat keputusan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Nomor 345/M/KPT/2016 mengenai penyelenggaraan Pendidikan Jarak Jauh pada lingkup program studi Ilmu Komunikasi. LSPR juga mendapatkan tiga penghargaan dari KEMENRISTEK DIKTI pada tanggal 30 November 2016 dengan predikat Peringkat I di Kalangan Sekolah Tinggi untuk Aspek Kelembagaan, Peringkat I di Kalangan Sekolah Tinggi untuk Aspek Kemahasiswaan dan Peringkat II di Kalangan Sekolah Tinggi untuk Aspek Ketenagaan.

Kemudian LSPR bertransformasi menjadi Institut Komunikasi dan Bisnis atau LSPR Communication & Business Institute berdasarkan Keputusan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi dengan Nomor 1035/KPT/I/2019. Surat keputusan tersebut diberikan oleh Bapak Dr. M. Samsuri, S.Pd., M.T (Plt. Kepala Lembaga LLDIKTI Wilayah III) dan diterima oleh LSPR Manajemen pada Hari Selasa, 12 November 2019 di Kantor LLDIKTI Wilayah III Jakarta. LSPR kini menyelenggarakan 7 (tujuh) Program Studi, yaitu Ilmu Komunikasi Program Magister, Ilmu Komunikasi Program Sarjana, Ilmu Komunikasi Program Sarjana Pendidikan Jarak Jauh yang diselenggarakan di Provinsi Bali, Desain Komunikasi Visual Program Sarjana, Manajemen Program Sarjana, Pariwisata Program Sarjana, dan Bisnis Jasa Program Sarjana.

LSPR terakreditasi A dari BAN – PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi). Pada tahun 2019, LSPR mendapatkan rekognisi sebagai Kampus yang menjalankan etika, menjadi institusi Pendidikan yang terpercaya dari Global Alliance for Public Relations and Communication Management. Pada tahun 2021, Fakultas Komunikasi dan Fakultas Bisnis LSPR mendapatkan akreditasi dari Global Alliance for Public Relations and Communication Management.
Tahun 2022, LSPR mendapatkan akreditasi British Accreditation Council serta LSPR kembali masuk 50 besar WURI (World’s Universities With Real Impact) untuk kategori Entrepreneurial Spirit (urutan 41), Crisis Management (urutan 46). Dalam kategori nasional, LSPR merupakan partisipasi aktif pada Program Pembinaan Kesadaran Bela Negara (PKBN) , mendapatkan rekognisi Kinerja Media Sosial 10 Terbaik di LLDikti Wilayah III. Selain itu, Bersama Universitas Gunadarma konsorsium Matching Fund Kedai Reka dan Mendapatkan dana hibah dikti untuk pelaksanaan Support System Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

SELESAI

 

Untuk keterangan lebih lanjut, silahkan hubungi:

Chrysanta Christine +62 822-9950-2499

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *