18/05/2024

Puasa Syaban 2024 Kapan dan Berapa Hari?

0


Derasnews, Makassar – Bulan Rajab telah berakhir. Umat Islam kini menyambut bulan Syaban dengan berbagai amalan untuk meraih pahala.
Salah satu amalan yang disunnahkan pada bulan Syaban adalah puasa. Dikutip dari buku Kalender Ibadah Sepanjang Tahun yang ditulis oleh Ustadz Abdullah Faqih Ahmad Abdul Wahid, sunnah puasa Syaban disebutkan dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim.

Aisyah berkata, “Saya tidak pernah melihat Rasulullah SAW melakukan puasa satu bulan penuh kecuali pada bulan Ramadhan. Dan saya juga tidak pernah melihatnya sangat banyak melakukan puasa selain pada bulan Syaban.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Nah, bagi yang hendak melakukan puasa Syaban tapi bingung kapan dan berapa hari perlu berpuasa, yuk simak ulasan di bawah ini!
Masih dari buku yang sama, dijelaskan bahwa sesungguhnya tidak ada ketentuan khusus mengenai puasa bulan Syaban. Artinya tidak ditentukan tanggal dan harinya, sehingga tanggal berapa pun boleh saja berpuasa. Sumber detiknews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *