KABASARNAS: Liburan NATARU Bersamaan Datangnya Musim Hujan, Semua Harus Siaga

0

Derasnews, Jakarta- Dalam rangka menghadapi liburan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, Badan Pencarian dan Pertolongan Nasional (BASARNAS) menurunkan tim Siaga Satuan Khusus Natal dan Tahun Baru (SIAGASAT KHUSUS NATARU).
Tim tersebut akan bertugas mulai hari ini 18 Desember – 08 Januari 2020 dengan tujuan terwujudnya pelayanan SAR cepat, tepat, aman dan handal.

“Basarnas siap operasi 38 kantor SAR, 32 Pos siaga, 68 kapal laut dan 8 heli dengan petugas yang sudah terdaftar 4.500 personil di seluruh Indonesia serta berkordinasi juga dengan Polri dan TNI, Nataru kali ini bersamaan dengan datangnya musim hujan, musim angin, tingkatkan kesiap siagaan untuk mewaspadai banjir, longsor, angin puting beliung dan bencana lainya” kata Marsdya TNI Bagus Puruhito selaku Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPP) atau BASARNAS saat melepas personil di Kantor BASARNAS, Kemayoran, Jakarta Pusat. Rabu 18 Desember 2019.

Tim di tempatkan pada daerah rawan bencana, pemantauan jalur mudik, jalur penyebrangan juga pemantauan kawasan wisata.

“Kepada semua yang akan bertugas agar menjaga kesehatan, cek dan ricek alat serta bekerja secara profesional, sinergi dan militan karena kesiapsiagaan Basarnas harus selalu ditingkatkan dari tahun ke tahun baik kordinasi, kesiagaan personil, peralatan dan ketangkasan, ketepatan waktu tanggap atau respon time” tegas KABASARNAS.

Dalam rangka menghadapai liburan Nataru, Basarnas melaksanakan siaga satu dengan tujuan terwujudnya pelaksanaan SAR cepat, tepat, aman, handal untuk bersama-sama mendukung serta membantu unsur-unsur terkait.

Kabasarnas melepas tim Basarnas yang bertugas pada liburan Nataru 2019/2020

Kepada masyarakat dihimbau agar dapat mempersiapkan segalanya.

“Siapkan segala sesuatunya dengan baik, tidak usah berebutan untuk menaiki angkutan karena pemerintah sudah mempersiapkan dengan baik, puncak arus mudik diperkirakan jatuh pada tanggal 21 dan 28 Desember 2019 serta arus balik pada 5 Januari 2020″ tambah Marsdya Bagus Puruhito.

Pelepasan dilakukan oleh Kabasarnas dengan mengibarkan bendera pelepasan menambah semangat personil yang langsung menuju ketitik tugas masing-masing.

Bagi masyarakat yang membutuhkan pertolongan dapat menghubungi call centre BASARNAS di nomor 115 aktif selama 24 jam. Drz

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *