Curug Ciangin, Destinasi Wisata Cibesi, Ciater Mulai dilirik Wisatawan

0

Derasnews, Subang, Jabar- Jika kita berkunjung ke kawasan Subang, tentunya kita akan dihadapi oleh berbagai macam pilihan tempat wisata mulai dari perbukitan, air terjun, perkebunan, hingga pantai. tak terkecuali kawasan Ciater, Subang Selatan.

Kawasan Ciater memang dikenal sebagai salah satu kawasan yang banyak menampilkan destinasi wisata seperti Sari Ater, kebun teh Ciater, Tangkuban Perahu, pantai Ciweurang serta beberapa curug. Seperti curug Cina, curug Cibareubuy , curug Bentang dan Curug Ciangin.

Mang Nana

Tim redaksi kali ini akan mengupas destinasi wisata curug Ciangin yang memiliki luas sedikitnya 2,5 Ha. Berlokasi di Desa Cibeusi, tepatnya Kampung Neglasari, di Kecamatan Ciater, Provinsi Jawa Barat. Curug yang memiliki dua tingkatan yang berbeda ketinggiannya, Tingkatan atas memiliki ketinggian 4 meter sedangkan tingkatan bawah memiliki ketinggian 3 ini di kelola oleh seorang pria yang merupakan warga asli yakni Mang Nana. Curug Ciangin sendiri mulai dikenal sejak tahun 2014 oleh masyarakat Subang.

Menurut Mang Nana, Curug Ciangin saat itu ditemukan pada tahun 2000an. Pada saat itu, banyak pemancing yang melakukan aktifitasnya di daerah ini. Diberi nama Curug Ciangin karena pada saat ditemukan Curug tersebut berhembus seperti angin dan hembusannya pun bisa mencapai 100 meter.

Seiring berjalannya waktu, Mang Nana yang memang sebagai pemilik tanah yang berada di area Curug Ciangin pun mulai dikembangkan oleh Mang Nana dan keluarganya. Mang Nana juga ingin keluarganya ikut merasakan hasilnya bersama – sama bagaimana mengelola sebuah destinasi wisata.

Akses jalan yang menuju ke Curug Ciangin pun mulai diperbaiki secara swadaya. Disamping itu sarana wisata mulai dari jembatan, tempat penginapan dan penyewaan serta Camping Ground terus ditingkatkan hingga akhirnya memiliki sedikitnya 40 penginapan yang siap ditempati. Untuk tiket masuknya, pengunjung hanya dikenakan harga Rp 20.000 per orang. Sedang untuk sarana Camping Ground, pengunjung dikenakan biaya sebesar Rp 30.000 rb / orang.

Pemkab Subang sendiri memang sudah menyerahkan sepenuhnya kepada masyarakat Subang untuk mengelola destinasi wisata yang ada di daerahnya masing – masing. Nah, Jika kita berkunjung ke destinasi wisata yang ada di wilayah Subang terutama Ciater. Tidaklah lengkap jika kita belum berkunjung ke kawasan wisata alam Curug Ciangin yang indah.
Tiap week end para wisatawan hampir penuh home stay di sini, jadi bagi para wisatawan harus memboking dulu jauh- jauh hari agar bisa nyaman.
Para wisatawan bisa melihat di website www.curugciangin.com. Drz

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *