Perbaikan Branding dan Kemasan akan Membuat Produk Jadi Lebih Menarik dan Profesional

0

En’riz Fadhlullah Salam bangga dengan pemilik usaha home indistri makanan ringan, kkn di Pekalongan berlangsung 40 hari, UNDIP

En'riz Fadhlullah Salam dan Ibu Karni

Derasnew, Brengkolang, Pekalongan (24/07/2023), Mahasiswa KKN, En’riz Fadhlullah Salam, dari Universitas Diponegoro dalam hal ini di di tuntun oleh Dosen Pembimbing : Ojo Kurdi S.T., M.T., PhD, bekerja keras untuk memberikan dukungan nyata bagi pengusaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Desa Brengkolang.

Fokus mereka adalah pada perbaikan branding dan kemasan produk agar lebih menarik dan profesional. Melalui inisiatif pembuatan label produk yang kreatif dan berkualitas, saya berharap dapat membantu UMKM lokal meningkatkan daya saing dan daya tarik produk mereka di pasar dan tidak hanya menjual di lingkungan sekitar. Pentingnya Label Produk yang Profesional, UMKM memiliki potensi besar dalam mendukung perekonomian lokal, namun seringkali mereka menghadapi tantangan dalam memasarkan produk mereka. Salah satu permasalahan utama adalah kurangnya perhatian pada branding dan kemasan produk. Label produk yang tidak menarik dan tidak profesional dapat mengurangi citra produk di mata konsumen, sehingga mempengaruhi penjualan dan kesuksesan bisnis UMKM.
Oleh karena itu, salah satu mahasiswa TIM II KKN Universitas Diponegoro 2023, En’riz Fadhlullah Salam, berusaha membuat logo produk UMKM warga desa sebagai alat promosi.

Produck UMKM

Proses Pembuatan Label Produk oleh salah satu mahasiswa KKN telah mengidentifikasi beberapa UMKM lokal yang berpotensi untuk mendapatkan bantuan dalam hal branding dan kemasan produk.  Langkah-langkah utama dalam pembuatan label produk yang dilakukan oleh salah satu mahasiswa KKN adalah sebagai berikut:  En’riz Fadhlullah Salam, mahasiswa KKN melakukan studi dan analisis terhadap produk-produk UMKM yang akan dibantu. Mereka memahami nilai-nilai unik dan keunggulan produk untuk menciptakan desain label yang sesuai.

Setelah memahami karakteristik produk dan preferensi pasar, melakukan riset desain untuk mengembangkan konsep label (logo) yang menarik dan berkesan. Selain itu, desain-desain yang telah dibuat kemudian dikonsultasikan dengan pemilik UMKM untuk mendapatkan masukan dan persetujuan. Setelah mendapatkan persetujuan,  En’riz Fadhlullah Salam, mahasiswa KKN membantu UMKM Ibu Karni dalam mengimplementasikan label pada produk mereka dengan menggunakan bahan dan teknik kemasan yang sesuai.
En’riz Fadhlullah Salam, mahasiswa KKN berharap bahwa pembuatan label produk ini dapat memberikan dampak positif bagi UMKM di Desa Brengkolang  dalam meningkatkan penjualan dan keberlanjutan bisnis mereka. Namun, mereka juga menyadari bahwa tantangan seperti biaya dan akses sumber daya dapat mempengaruhi implementasi label produk yang lebih luas di kalangan UMKM Desa Brengkolang. Melalui inisiatif pembuatan label produk yang profesional, saya En’riz Fadhlullah Salam ini telah memberikan kontribusi yang berarti bagi UMKM lokal dalam meningkatkan daya saing dan kesuksesan bisnis. Dengan adanya label produk yang menarik dan berkesan, diharapkan UMKM Desa Brengkolang dapat semakin dikenal dan berkembang di pasar yang lebih luas. Semoga kegiatan ini dapat menjadi contoh inspiratif bagi usaha lain dalam mendukung UMKM di daerah mereka. En’riz.

Please follow and like us:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
WhatsApp
Tiktok